Tuesday, 2 August 2016

Pengertian Internet dan Intranet (Pembahasan Singkat dan Lengkap)

Internet dan Intranet
Internet
Internet merupakan singkatan dari interconnected networking yang berarti jaringan komputer yang saling terhubung antara satu komputer dengan komputer yang lain yang membentuk sebuah jaringan komputer di seluruh dunia, sehingga dapat saling berinteraksi, berkomunikasi, saling bertukar informasi atau tukar menukar data.

Secara fisik, internet dapat digambarkan seperti jaring-jaring yang menyerupai jaring laba-laba yang menyelimuti bumi yang terhubung melalui titik-titik (node). Node dapat berupa komputer maupun peralatan (peripheral) lainnya.

Istilah INTERNET berasal dari bahasa Latin “inter”, yang berarti “antara”. Secara kata per kata INTERNET berarti jaringan antara atau penghubung. Memang itulah fungsinya, INTERNET menghubungkan berbagai jaringan yang tidak saling bergantung pada satu sama lain sedemikian rupa, sehingga mereka dapat berkomunikasi. Sistem apa yang digunakan pada masing-masing jaringan tidak menjadi masalah, apakah sistem DOS atau UNIX.

Sementara jaringan lokal biasanya terdiri atas komputer sejenis (misalnya DOS atau UNIX), INTERNET mengatasi perbedaan berbagai sistem operasi dengan menggunakan “bahasa” yang sama oleh semua jaringan dalam pengiriman data. Pada dasarnya inilah yang menyebabkan besarnya dimensi INTERNET.
Dengan demikian, definisi INTERNET ialah “jaringannya jaringan”, dengan menciptakan kemungkinan komunikasi antar jaringan di seluruh dunia tanpa bergantung kepada jenis komputernya.

Kesimpulan:
•Definisi INTERNET : Internet merupakan hubungan antar berbagai jenis komputer dan jaringan di dunia yang berbeda sistem operasi maupun aplikasinya di mana hubungan tersebut memanfaatkan kemajuan media komunikasi (telepon dan satelit) yang menggunakan protokol standar dalam berkomunikasi yaitu protokol TCP/IP.
•Fungsi : Internet merupakan media komunikasi dan informasi (tukar menukar data/informasi).


Intranet
Intranet adalah konsep LAN yang mengadopsi teknologi Internet dan mulai diperkenalkan pada akhir tahun 1995. Atau bisa dikatakan Intranet adalah LAN yang menggunakan standar komunikasi dan segala fasilitas Internet. Diibaratkan berinternet dalam lingkungan lokal. Umumnya juga terkoneksi ke Internet sehingga memungkinkan pertukaran informasi dan data dengan jaringan Intranet lainnya (Internetworking) melalui backbone Internet.

Intranet singkatnya yaitu sebuah jaringan privat (private network) yang menggunakan protokol-protokol Internet / (TCP/IP), digunakan untuk berkomunikasi dan berbagi (tukar menukar) informasi dalam lingkup tertentu (terbatas), misalnya dalam lingkup sebuah kantor, sekolah, atau kampus.

Manfaat/keuntungan penggunaan intranet:
-Dapat meningkatkan produktifitas kerja
-Dapat meningkatkan kerja sama
-Memudahkan komunikasi
-Efisiensi biaya
-Kemudahan mendapatkan informasi

Kekurangan/Kelemahan penggunaan intranet:
-Kemungkinan terjadi hal-hal yang kurang sesuai/sopan
-Bisa terjadi overload karena mungkin terjadi pengiriman data secara bersamaan
-Keamanan data kurang terjaga
-Perlu pelatihan/training penggunaannya

***
Perbedaan intranet dengan internet adalah:
Tujuan dari proses komunikasi yang dijalankan
Lingkup akses dan jangkauannya

No comments:

Silahkan ninggalin jejak gan... Salam Teknologi!

Makasih yang udah mampir ke blog ini, semoga bermanfaat dan jangan lupa tinggalkan komentar kalian.
DILARANG KERAS SPAM!